Thursday, July 26, 2007

Menampilkan 2 halaman di Word


File dokumen Microsoft Word yang besar tentunya memiliki halaman yang banyak juga. Terkadang, pengguna Word membandingkan isi dokumen antara halaman yang satu dengan lainnya. Biasanya, mereka melakukannya dengan fungsi “Zoom” agar dalam window Microsoft Word bisa tampil dua halaman sekaligus. Tips Menggunakan fungsi “Zoom” memang sering dilakukan untuk memperkecil tampilan halaman Word. Namun, untuk memastikan window Microsoft Word menampilkan dua halaman sekaligus secara pas, pengguna Word tentunya harus memperkirakan besarnya persentase untuk dua halaman tersebut. Namun, untuk trik kali ini, ada cara mudah untuk menampilkan dua halaman pekerjaan Anda dalam satu tampilan, yaitu melalui makro. Nantinya, Anda tinggal tekan tombol makro yang akan dibuat ini, Microsoft Word secara cepat akan menampilkan dua halaman dalam satu window dengan proporsi yang benarbenar pas. Jadi, Anda tidak perlu memperkirakan lagi besarnya nilai persentapersentase zoom untuk kedua halaman tersebut.
Untuk melakukan trik ini, Anda buka Program Visual Basic Editor. Buka Microsoft Word lalu klik “Tools | Macro | Visual Basic Editor”. Buat modul baru dari “Insert | Module”.
Salin perintah makro seperti yang tertera di bawah. Setelah itu, jalankan perintah “Compile” dari menu “Debug”. Tutup program Visual Basic Editor.
-------------------------
Sub TampilanGanda()
With ActiveWindow.View
.
Type = wdPageView
With
.Zoom
.PageColumns = 2
.PageRows = 1

End With

End With

End Sub

-------------------------
Langkah selanjutnya, Anda klik “Tools | Macro | Macros”. Dari kotak “Macro” Anda pilih “TampilanGanda” lalu klik “Organizer”. Copy-kan “Module1” yang ada di tab “Macro Project Item” dari window kiri ke window kanan. Jika sudah, klik “OK”. Sekarang, Anda klik “Tools | Customize”. Dalam tab “Commands” Anda pilih “Macros” dan drag pilihan “Normal.Module1.TampilanGanda” ke dalam menu bar. Klik kanan tombol menu baru tersebut dan ganti namanyamenjadi "Tampilan ganda”. Anda bisa menambahkan icon dengan mengaktifkan “Image and Text” dan memilih iconnya di dalam “Change Button Image”. Setelah semuanya selesai, tutup “Customize”. Untuk mencoba trik yang Anda buat ini, buka file dokumen yang jumlah halaman nya banyak. Selanjutnya, klik tombol makro yang baru saja Anda buat. Setelah itu, lihat hasilnya. Microsoft Word akan menampil-kan dua halaman sekaligus dalam windownya.

1 comment:

Anonymous said...

synthax error bos gmn nih, ngopy dari chip ya...