Saturday, July 21, 2007

Review Heatsink OCZ Vindicator (OCZTVIND)

OCZ kembali menawarkan pendingin (cooler) terbarunya yang mereka sebut Vindicator. Vindicator merupakan heatpipe full tower yang didesain untuk dapat menggunakan lebih dari satu kipas pendingin berukuran 120mm. Tanpa bantuan fan satupun dengan batasan tertentu, OCZ mengklaim Vindicator tetap mampu melakukan proses pendinginan dengan baik.

Konfigurasi pendingin Vindicator sedikit berbeda dengan heatpipe cooler lain. Vindicator menggunakan 6 u-shaped heatpipe untuk pendingan yang ditempatkan pada masing-masing sisi depan dan belakang. Heatpipe diatur menjadi 3 buah pipa sejajar dengan sudut 90 derajat. Desain tersebut membuat Vindicator mampu menjadi pendingin dengan kinerja yang lebih baik.

Vindicator dibuat untuk socket 775 sehingga siap dipasang dengan CPU yang sedang trend saat ini seperti Core 2 Duo maupun Core 2 Quad dan dapat diadaptasikan dengan mudah bagi yang menggunakan prosessor AMD socket AM2/939/840/754. Semua prosessor yang telah diproduksi saat ini dapat memanfaatkan Vindicator sebagai pendingin kecuali prosessor Intel untuk socket 478.

Pemasangan Vindicator cukup mudah dilakukan tanpa harus bersusah payah melepaskan motherboard karena menggunakan type push pin standar Intel untuk memasangnya pada socket 775. Sisa ruang sangat terbatas saat dilakukan pemasangan, jadi sebaiknya pemasangan Vindicator dilakukan terlebih dahulu sebelum dilakukan pemasangan fan.

Kipas pada Vindicator sengaja dirancang dengan tingkat kebisingan yang sangat rendah. Output yang dihasilkan sangat kecil, hanya sekitar 40 CFM dengan noise 18.5 dB-A. Ini merupakan pendingin dengan peringkat sangat baik untuk digunakan pada PC dengan tingkat kebisingan yang rendah. OCZ memberikan paket lengkap untuk setiap pembelian Vindicator. Dan tidak diragukan lagi, OCZ merupakan salah satu pembuat komponen overcloking yang sudah sangat dikenal.



Pada pengujian dengan kecepatan 3.8GHz menggunakan Vindicator, keadaan cukup stabil saat overclok dilakukan. Vindicator mampu memberikan rata-rata suhu yang lebih baik dibanding heatpipe tower cooler lain dan memiliki suara fan yang nyaris tidak terdengar yaitu hanya 14 dB-A pada putaran 72 CFM. Vindicator cukup baik digunakan pada CPU untuk menurunkan panas yang dihasilkan ketika melakukan overclok.(bhineka)

No comments: